Apa itu Posbindu ? Apa tujuannya ? Apa manfaatnya? dan mungkin pertanyaan lain yang menyelimuti pikiran kita. Pertanyaan-pertanyaan itu terjawab sudah setelah sosialisasi Posbindu dilaksanakan. Tepatnya pada hari selasa tanggal 06 November 2018 bertempat di aula kantor desa wuwuharjo dan dihadiri oleh para stakeholder desa wuwuharjo, dengan pemateri Ibu Novita Ambaryani,Amd  dari Puskesmas Kajoran 2

 

Posbindu kependekan dari Pos Pembinaan Terpadu adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

 

Tujuan, Sasaran & Manfaat Penyelenggaraan Kegiatan Posbindu

 

1. Tujuan

    a. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
    b. Meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko

 

2. Sasaran

Kelompok masyarakat sehat, beresiko dan penyandang atau orang dewasa yang berumur 15 tahun keatas.

 

3. Manfaat

Pada orang sehat faktor resiko tetap terjaga dalam kondisi normal.

Pada orang dengan kondisi beresiko diharapkan dapat dikembalikan kepada kondisi normal.

Pada orang dengan penyandang adalah mengendalikan faktor resiko pada kondisi normal untuk mencegah timbulnya komplikasi.

 

      Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa Posbindu merupakan  bentuk peran serta masyarakat dalam upaya promotif dan preventif untuk mendeteksi dan pengendalian dini keberadaan faktor resiko penyakit tidak menular secara terpadu dengan harapan masyarakat dapat mawas diri terhadap faktor resiko sehingga gejala secara bersamaan dapat terdeteksi & terkendali secara dini dengan pelayanan yang mudah dijangkau dan biaya yang murah.

 

 

@darminto